Home »
Gudang ILMU
» Cara Membedakan Fakta dan Opini dalam Iklan
Cara Membedakan Fakta dan Opini dalam Iklan
Written By Unknown on Jumat, 20 Desember 2013 | 07.27
Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong dan membujuk khalayak ramai agar memiliki atau memnuhi permintaan di dalam iklan.Jika kalian cermati,bahasa yang digunakan dalam iklan mengandung fakta dan opini.
Fakta adalah peristiwa atau kejadian yang kenyataannya tidak diragukan.Fakta dalam iklan mencakup identitas produk yang ditawarkan,komposisi,kegunaan,dan sarana penggunaan secara lengkap.selain mengandung fakta produk,iklan juga mengandung opini.opini merupakan kalimat yang digunakan untuk menarik minat pembeli.Pemasang iklan tidak boleh memberikan opini dengan melebih-lebihkan produk.Opini harus didukung fakta-fakta yang ada di dalam produk,Ciri-ciri opini adalah disajikan dengan bahasa yang persuasif.
Cara menemukan fakta dan opini yang terdapat dalam teks iklan
Dalam teks iklan di atas,terdapat informasi yang berupa fakta dan berupa opini.Dikatakan sebagai fakta apabila informasi itu berupa sesuatu yang benar-benar ada,benar-benar terjadi atau informasi yang sesungguhnya.selain itu,kebenaran informasi yang berupa fakta tidak diragukan lagi.
Informasi yang berupa fakta adalah:
a.Tipe rumah yang dijual 48/90
b.Terletak di perumahan kota wisata-Cluster Montreal Blok YA 15 nomor 15
c.Nomor telepon (021) 824114445,0851111332231
0 comments:
Posting Komentar