Home » » Macam - Macam Adaptasi

Macam - Macam Adaptasi

Written By Unknown on Sabtu, 26 Oktober 2013 | 05.10


Adaptasi
       Definisi adaptasi adalah kemampuan suatu makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.Semakin besar kemampuan adaptasi suatu makhluk hidup,semakin besar pula peluang kelangsungan makhluk hidup tersebut.Jika makhluk hidup tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannnya,makhluk hidup tersebut dapat punah.Bentuk adaptasi ada tiga yaitu sebagai berikut.


1.Adaptasi Morfologi
           Adaptasi morflogi adalah adaptasi yang berhubungan dengan bentuk tubuh bagian luar.adaptasi ini sangat mudah dikenali dan mudah diamati karena tampak dari luar.Beberapa berikut adaptasi morflogi antara lain sebagai berikut.
1)        Adaptasi morfologi pada kaki burung
2)        Adptasi morfologi pada paruh burung
3)        Adaptasi morfologi pada mulut serangga
4)        Adaptasi tumbuhan yang hidup di air (hidrofit)
5)        Adaptasi tumbuhan yang hidup di daerah lembap (higrofit),Misal:tumbuhan keladi
6)        Adaptasi tumbuhan yang hidup di daerah kering (xerofit),Misal:tumbuhan kaktus

2.Adaptasi Fisiologi
           Definisi dari adaptasi fisiologi adalah penyesuaian diri makhluk hidup melalui fungsi kerja organ - organ tubuh supaya bisa bertahan hidup.adaptasi ini sulit untuk di amati karna berlangsung di dalam tubuh.Beberapa bentuk adaptasi fisiologi pada makhluk hidup antara lain sebagai berikut.
1).Adaptasi fisiologi pada manusia
      (A).Jika kita berada di pegunungan,maka jumlah sel darah merah akan bertambah secara alami.Hal ini karena sel - sel tubuh membutuhkan oksigen yang lebih banyak.
      (B).Jika kita berada di tempat gelap,maka pupil mata kita akan membuka lebar.Hal itu dikarenakan mata kita harus menyesuaikan diri terhadap itensitas cahaya.

2).Adaptasi fisiologi pada hewan
          (A).Rayap dan Teredo navalis yang hidup di kayu galangan kapal dapat mencerna kayu dengan bantuan enzim selulose
          (B).Cumi - Cumi dan gurita memiliki kantong tinta yang berisi cairan hitam.Jika musuh datang tinta disemprotkan ke dalam air sekitarnya sehingga musuh tidak dapat melihat kedudukan cumi - cumi dan gurita.

C.Adaptasi Tingkah Laku
             Adaptasi tingkah laku adalah cara penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya dalam bentuk tingkah laku.Contoh adaptasi tingkah laku antara lain:
1).Untuk mengurangi penguapan,pohon jati menggugurkan daunnya di musim kemarau.
2).Lumba - Lumba dan ikan paus sering muncul ke permukaan air untuk mengambil oksigen di udara
3).Rayap memakan kembali kulitnya yan mengelupas karena pada kulit tersebut terdapat Flagellata yang menghasilkan enzim selulase yang membantu rayap mencerna kayu
4).Cecak melakukan autotomi yaitu memutuskan ekornya untuk mengelabuhi musuhnya
5).Beberapa hewan seperti kelelawar dan tupai melakukan estivasi (tidur panjang di musim panas) untuk bertahan hidup pada suasana sangat panas dan kering.

0 comments:

Posting Komentar

Hot! Hot! Hot!

Diberdayakan oleh Blogger.