Home » » Apa itu Uang

Apa itu Uang

Written By Unknown on Selasa, 12 November 2013 | 04.33


Apa itu Uang
Fungsi Uang
    Dalam kegiatan ekonomi,uang mempunyai dua fungsi utama yaitu fungsi asli dan fungsi turunan,Berikut saya akan mengulas fungsi uang.




Fungsi asli Uang
Uang sebagai alat tukar menukar
       Sebagai alat tukar menukar,uang dapat berperan dalam hal-hal berikut.
 a).Benda ditukar dengan uang dan selanjutnya uang ditukar dengan benda lain yang dibutuhkan,Misal:Petani menjual hasil panennya kemudian uang yang diperoleh dibelikan pakaian dan perhiasan.Pada saat petani menjual hasil panenannnya berarti benda ditukar dengan uang.Pada saat uang ynag diperoleh dibelikan pakaian dan perhiasaan berarti uang ditukar dengan benda lain.

b).Benda ditukarkan dengan uang kemudian uang ditukarkan dengna jasa yang dibutuhkan.Misal:Uang hasil penjualan panenan dipergunakan untuk membayar pajak listrik,uang sekolah maupun membayar sewa rumah.

c).Jasa ditukarkan dengan uang,kemudian uang ditukarkan dengan benda yang diperlukan.Misal:seseorang yang menyewakan rumahnya memperoleh uang sewa dan uang tersebut dipergunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.Dalam hal ini menyewakan rumah merupakan bentuk jasa yang menghasilkan uang dan uang yang diperoleh tersebut dibelikan barang keperluan sehari-hari.

d).Jasa ditukarkan dengan uang dan uang tersebut ditukarkan dengan jasa lain yang dibutuhkan.Misal:Uang hasil sewa rumah digunakan untuk membayar upah tukang bangunan.Dalam hal ini uang hasil jasa penyewaan rumah digunakan untuk ongkos jasa upah tenaga tukang bangunan

Fungsi turunan uang
1.Uang sebagai penunjuk harga
2.Uang sebagai alat pembayaran
3.Uang sebagai alat menyimpan atau menabung
4.Uang sebagai pendorong kegiatan ekonomi
5.Uang sebagai alat pembentuk dan pemindah kekayaan
6.Uang sebagai alat standar pembayaran utang
7.Uang sebagai alat pencipta kesempatan kerja

0 comments:

Posting Komentar

Hot! Hot! Hot!

Diberdayakan oleh Blogger.