Home » » Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Written By Unknown on Jumat, 20 Desember 2013 | 06.45


Bentuk Perubahan Sosial Budaya
Pengertian perubahan sosial menurut para ahli:
Menurut Kingsley Davis,perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat
Menurut Samuel Koenig,perubahan sosial menunjukkan adanya modifikasi-modifikasi dalam pola kehidupan masyarakat.
Menurut Prof.Selo Soemardjan perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya,termasuk di dalamnya nilai-nilai,sikap-sikap,dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Bentuk-bentuk perubahan Sosial Budaya
Perubahan sosial (sosial change) adalah perubahan pada lembaga-lembaga dalam masyarakat yang memengaruhi sistem sosial,nilai,sikap dan pola perilaku individu serta kelompoknya.
  Bentuk-bentuk perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dapat dibedakan menjadi dua yaitu perubahan yang cepat dan perubahan yang lambat.
 1).Perubahan yang berlangsung cepat,sering disebut revolusi.Misal:Revolusi di industri di Inggris,Revolusi Prancis,Gerakan Reformasi di Indonesia
2).Perubahan yang berlangsung lambat,disebut evolusi.Misal:Hilangnya tradisi dikalangan masyarakat merupakan bentuk perubahan pola hidup masyarakat yang berlangsung secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lama.

Sebab-sebab terjadinya perubahan sosial
Perubahan sosial dalam masyarakat dapat terjadi melalui proses pengenalan (Introduction) unsur-unsur baru.unsur-unsur tersebut adalah aspek internal dan aspek Eksternal.aspek Eksternal yaitu:Discovery dan Invention,sedangkan aspek eksternal yaitu:Difusi,Akulturasi,Bencana Alam,dan Peperangan.

0 comments:

Posting Komentar

Hot! Hot! Hot!

Diberdayakan oleh Blogger.